Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 217 218 Aktivitas 5.7

Diposting pada

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 217 218 Aktivitas 5.7 Mengetahui Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik (Hukum Ohm) Semester 1 Ilmu Pengetahuan Alam Ayo, Kita Lakukan tugas Aktivitas 5.7 Bab 5 Listrik Dinamis dalam Kehidupan Sehari-hari.  

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 217 218 Aktivitas 5.7

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 217 218 Aktivitas 5.7 Mengetahui Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik (Hukum Ohm) pada Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam Kelas IX Kurikulum 2013 ini dapat dibaca penjelasan kunci jawabannya di bawah ini. Selamat membaca. 

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 217 218 Aktivitas 5.7

Aktivitas 5.7 Mengetahui Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik (Hukum Ohm)

Apa yang kamu analisis? 

1. Berdasarkan data pada Tabel 5.5, buatlah grafik hubungan antara kuat arus dengan besar hambatan listrik! Besar hambatan listrik pada sumbu x dan besar arus listrik pada sumbu y.

Kunci Jawaban :   

Grafik hubungan antara kuat arus dengan besar hambatan listrik dapat di lihat di bawah ini.  

1. Berdasarkan data pada Tabel 5.5, buatlah grafik hubungan antara kuat arus dengan besar hambatan listrik! Besar hambatan listrik pada sumbu x dan besar arus listrik pada sumbu y.

2. Berdasarkan data pada Tabel 5.6, buatlah grafik hubungan antara kuat arus dengan besar tegangan listrik! Besar tegangan listrik pada sumbu x dan besar arus listrik pada sumbu y.

Kunci Jawaban :   

Grafik hubungan antara kuat arus dengan besar tegangan listrik dapat di lihat di bawah ini.

Grafik hubungan antara kuat arus dengan besar tegangan listrik

3. Selain besar hambatan, berdasarkan percobaan A faktor apakah yang memengaruhi besar arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Bagaimana caranya agar arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut dapat diperbesar?

Kunci Jawaban :   

Selain besar hambatan,  faktor-faktor yang mempengaruhi besar arus listrik antara lain sebagai berikut:

  • Panjang kawat : apabila menggunakan kawat yang panjang, maka hambatannya akan semakin besar karena muatan positif semakin besar. Hal ini menyebabkan terjadinya penghambatan sehingga kuat arus akan lebih kecil dan meredupkan nyala lampu.
  • Luas penampang kawat : luas penampang berbanding terbalik dengan hambatan yang terdapat pada kawat. Apabila luas penampang itu kecil, maka hambatan kawat akan semakin besar.
  • Jenis hambatan kawat : dari setiap kawat sudah ditentukan seberapa besar hambatannya. Apabila digunakan kawat yang menghasilkan hambatan besar, maka kuat arus listrik akan semakin kecil dialirkan.
  • Jumlah baterai yang digunakan

4. Selain banyaknya jumlah baterai yang digunakan, berdasarkan percobaan B faktor apakah yang memengaruhi besar arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Bagaimana caranya agar arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut dapat diperbesar?

Kunci Jawaban : 

Selain baterai tentu faktor panjang kawat dan luas penampang kawat yang digunakan dalam suatu rangkaian dapat mempengaruhi besar arus yang mengalir.   Cara agar arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut dapat diperbesar dengan memperpendek kawat dan memperluas penampang kawat yang digunakan.    

Apa yang kamu diskusikan? 

1. Perhatikan grafik nomor 1 yang telah kamu buat! Bagaimana hubungan antara besar hambatan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Jelaskan! 

Kunci Jawaban :   

Di dalam arus listrik ada suatu hambatan listrik yang menjadi penentu besar kecilnya arus listrik. Apabila besar hambatan listrik, maka semakin kecil kuat arusnya, dan sebaliknya. George Simon Ohm (1787-1854), dengan percobaannya membuat kesimpulan bahwa arus I pada sebuah kawat penghantar sebanding dengan beda potensial V yang diberikan pada ujung-ujung kawat penghantar tersebut: I ~ V.

2. Perhatikan grafik nomor 2 yang telah kamu buat! Bagaimana hubungan antara besar tegangan dengan kuat arus listrik yang mengalir dalam suatu rangkaian? Jelaskan!

Kunci Jawaban :   

Hukum Ohm menjelaskan hubungan antara tegangan dengan kuat arus listrik dalam rangkaian menyatakan besarnya tegangan listrik dalam sebuah rangkaian sebanding dengan kuat arus listrik. Hal ini menyatakan bahwa tegangan listrik dalam rangkaian akan bertambah jika arus yang mengalir dalam rangkaian bertambah.

3. Besar kuat arus 1 A, adalah kuat arus yang mengalir pada suatu penghantar yang memiliki hambatan sebesar 1 Ω pada saat diberi tegangan sebesar 1 V. Berdasarkan pengertian tersebut, berapakah besar kuat arus (I) pada suatu penghantar yang besar hambatannya (R) jika diberi tegangan sebesar (V)? Tuliskan bentuk persamaannya! Persamaan itulah yang disebut Hukum Ohm.

Kunci Jawaban : 

I = V/R  

R = hambatan listrik

V = tegangan

I  = kuat arus 

4. Jelaskan apa yang akan terjadi jika sebuah alat listrik yang pada awalnya dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 220 V, kemudian dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 110 V?

Kunci Jawaban : 

Jika sebuah alat listrik yang pada awalnya dipasang pada rangkaian dengan tegangan 220v , kemudian dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 110v maka dayanya akan berkurang menjadi 1/4 nya sesuai dengan persamaan :

P = V2/R

Di mana P sebanding dengan V2, jadi ketika V nya turun 1/2 maka dayanya akan turun 1/4

5. Mengapa lampu dengan tegangan 110 V tidak boleh langsung dipasang pada rangkaian listrik dengan tegangan 220 V?

Kunci Jawaban : 

Karena apabila lampu langsung dipasang pada tegangan 220 Volt lampu akan langsung padam bahkan bisa meledak atau putus karena tidak kuat dengan tegangan yang terlalu besar.

6. Sebuah rangkaian listrik yang menggunakan baterai sebagai sumber arus dengan besar tegangan 1,5 volt memiliki hambatan sebesar 0,3 Ω. Hitunglah berapa besar kuat arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut!

Kunci Jawaban : 

Diketahui :

V = 1,5 volt     

R = 0,3 Ω  

Ditanya : I ?

I  =  V / R

I  =  1,5 / 0,3

I  =  5 v/Ω

Jadi, besar kuat arus listrik yang mengalir dalam rangkaian tersebut adalah 5 v/Ω

Baca Juga Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Lainnya  

Demikianlah artikel Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 217 218 Aktivitas 5.7 Mengetahui Hubungan Antara Kuat Arus, Hambatan, dan Tegangan Listrik pada Suatu Rangkaian Listrik (Hukum Ohm) ini. Semoga Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 217 218 Aktivitas 5.7 ini dapat memberikan pengetahuan baru pada adik-adik kelas IX sehingga dapat mengerjakan soal-soal Aktivitas 5.7 ini. Terima kasih semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.